Kuliner Khas Berbagai Provinsi di Pulau Jawa

Kuliner Khas Berbagai Provinsi di Pulau Jawa

Kuliner Khas Berbagai Provinsi di Pulau Jawa, – Makanan khas pulau Jawa sangat banyak sekali. Jawa merupakan salah satu pulau yang ada di indonesia yang tebagi menjadi 4 yaitu jawa timur, , jawa barat, jawa tengah dan banten. Di beberapa wilayah ini ada berbagai macam makanan khas yang cukup populer di kalangan masyarakat. Tak heran jika pulau jawa khususnya yogyakarta menjadi kota wisata no 1 setelah bali, selain wisata yang banyak, kulinernya juga pun turun menjadi sorotan.

Bosan dengan lauk itu-itu saja tapi belum dapat ide mau memasak apa? Mungkin kuliner Nusantara dari berbagai provinsi di Pulau Jawa ini bisa jadi inspirasi lauk untuk keluarga.

Selain enak, enam kuliner ini memiliki cita rasa yang khas serta bikin seluruh anggota keluarga jadi kenyang bahagia.

Ayam lodho, Jawa Timur

Jika kuliner sebelumnya rata-rata berbahan dasar daging merah, lain hal dengan ayam lodho. Makin lezat lagi karena menggunakan ayam kampung. Ayam ini diolah dengan santan serta bermacam bumbu rempah serta cabai.

Ayam Lodho biasa disajikan dengan nasi uduk. Namun, jika kamu merasa sedikit ribet ketika harus menyiapkan nasi uduk. Nasi putih hangat pun jadi!

Brongkos, Yogyakarta

Untuk membuat lezatnya brongkos, harus melalui tahap perebusan daging bersama bermacam daun supaya empuk dan beraroma wangi. Setelah itu, daging beserta pelengkapnya yaitu kulit melinjo, kacang tolo, tahu, dan telur dimasukkan ke tumisan bumbu yang diberi air kaldu.

Saat matang nikmati brongkos bersama nasi putih dengan menghadirkan renyahnya kerupuk.

Gabus pucung, DKI Jakarta

Jangan lihat penampilan karena bisa menipu! Karena pada kenyataannya, gabus pucung punya cita rasa khas yang menggugah selera makan meski berwarna gelap.

Sebelum berlabuh ke kuah hitam yang terbuat dari pucung atau banyak yang mengenalnya dengan sebutan kluwak, ikan gabus dimarinasi terlebih dahulu kemudian digoreng.

Rabeg, Banten

Rabeg berbahan dasar daging kambing. Jika kamu pantangan mengonsumsi daging merah yang itu, dapat menggantinya daging sapi. Melihatnya sekilas, rabeg hampir seperti semur namun identik memiliki rasa pedas.

Bukan hanya cabai, pedasnya rabeg juga didapat dari jahe sehingga menghasilkan pula aroma sedap yang mengetuk hidung.

Soto kuning, Jawa Barat

Ingin yang berkuah-kuah untuk dijadikan sebagai lauk? Soto kuning, pilihannya. Menggunakan gurihnya santan sebagai kuah, soto kuning berbahan utama daging sapi dan tak jarang ditambahkan jeroan.

Bumbu soto kuning menggunakan beragam rempah. Kunyit adalah rempah pemeran utama yang membuat warna soto ini menjadi kuning. Irisan kentang dan tomat menjadi pelengkap kenikmatan soto kuning.