Kuliner Underrated Vietnam yang Mesti Dicoba

Kuliner Underrated Vietnam yang Mesti Dicoba

Kuliner Underrated Vietnam yang Mesti Dicoba

Kuliner Underrated Vietnam yang Mesti Dicoba, – Ho Chi Minh City, atau yang lebih dikenal dengan nama Saigon, adalah kota terbesar di Vietnam yangterkenal akan makanannya. Pho, chan chua, mi quang, dan chan chua ialah sederet perwakilan kuliner berkuah yang dimiliki Vietnam.

Anda mesti tahu! Meski makanan berkuah menjadi ciri khas, Vietnam punya kuliner underrated yang mesti banget untuk dicoba. Lezatnya sangat menggugah selera makan, lho!

1. Bún thịt nướng

Melansir https://maxbetresmi.com, Kuliner underrated ini berbahan dasar bihun rebus yang dilengkapi dengan bermacam lauk identik seperti daging panggang dan sayuran segar. Tidak berkuah, rasa dari bún thịt nướng mengandalkan saus terbuat dari: kecap ikan, perasan lemon dan gula.

Terkadang, bún thịt nướng diberi tambahan irisan chả giò atau dikenal juga dengan lumpia goreng khas Vietnam.

2. Cơm tấm

Dahulu, cơm tấm dibuat dari beras rusak atau sisa penggilingan. Cơm tấm merupakan nasi campur khas Vietnam yang mempunyai lauk berupa daging panggang (umumnya daging babi), roti ikan dan telur goreng (telur dadar atau telur mata sapi).

Sebagai pemanis tampilan, cơm tấm selalu diberi garnish berupa timun dan tomat. Tak lupa, saus sambal yang nikmat dijodohkan dengan cơm tấm.

3. Xôi gà

Xôi gà merupakan kuliner underrated berupa nasi ketan yang diberi taburan ayam suwir dan saus. Meski bukan dari nasi beras, xôi gà cukup lezat serta mengenyangkan lho! Sama halnya dengan bubur ayam, xôi gà sering dipilih sebagai menu sarapan masyarakat Vietnam.

4. Bò lúc lắc

Selain underrated, bò lúc lắc masuk dalam kategori kuliner istimewa karena sering hadir menemani ketika masyarakat Vietnam memiliki acara khusus. Makanan ini juga umumnya ditemukan pada restoran.

Bò lúc lắc terbuat dari daging yang diiris dadu kemudian dipanggang. Bò lúc lắc dapat disantap dengan nasi atau kentang goreng beserta sayuran pelengkap lainnya.

5. Phở trộn

Phở trộn merupakan phở versi kering alias tidak menggunakan kuah. Jenis mi yang juga digunakan adalah kwetiau. Pelengkap dari phở trộn terdiri dari irisan daging yang telah dibumbu. Agar meriah, phở trộn diramaikan dengan topping berupa irisan sayuran.

Tak lupa, kucuran saus terbuat dari: kecap ikan, cuka, dan gula yang menyempurnakan kenikmatan phở trộn.

6. Bún đậu mắm tôm

Saat pelesiran ke Vietnam, bún đậu mắm tôm adalah kuliner underrated yang nikmat disantap ramai-ramai. Juga dalam satu nampan bún đậu mắm tôm terdiri dari: bihun, irisan daging goreng dan tahu goreng.

Seperti kuliner khas Vietnam lainnya, bún đậu mắm tôm dinikmati bersama saus. Sebelum disajikan, bún đậu mắm tôm diberi perasan air lemon.

7. Cơm chiên

Setiap negara memiliki ciri khas nasi goreng masing-masing, seperti halnya cơm chiên. Nasi goreng ala Vietnam, ini umumnya dimasak tanpa menggunakan kecap manis. Bumbunya cukup sederhana, hanya memerlukan garam, bawang putih dan merica.

Ciri khas dari nasi goreng ini memiliki isi sayuran seperti wortel yang dipotong dadu, kacang polong dan telur.

***

Itu tadi kuliner underrated khas Vietnam yang mesti banget untuk dicoba! Bagaimana, kuliner khas Vietnam tidak melulu makanan berkuah kan? Pelesiran ke Vietnam, jangan lupa juga  mencicipi kuliner underrated yang telah disebutkan di atas ya!