Kuliner yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Semarang

Kuliner yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Semarang

Kuliner yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Semarang – Setiap kota pastinya memiliki kuliner khasnya masing-masing, salah satunya kota Semarang. Ada banyak kuliner yang ditawarkan ketika kamu berkunjung di kota ini. Selain harganya yang ramah di kantong.

Kamu juga dapat dengan mudah menemukan tempat kuliner yang akan kamu cari. Apalagi setelah capek berkeliling kota Semarang memang paling cocok jika langsung menyantap kuliner khas Semarang.

1. Tahu gimbal
1. Tahu gimbal

Makanan ini terdiri dari tahu dan gimbal udang sebagai bahan pokoknya. Kemudian ditambah dengan lontong, kol, taoge, dan taburan bumbu kacang sebagai pelengkapnya.

Jika kamu ingin menyantap makanan ini kamu bisa menemukanya di sepanjang Jalan Menteri Supeno dekat Taman Indonesia Kaya. Sayang sekali kalo kamu tidak mencoba makanan yang satu ini.

2. Mie kopyok

Mie kopyok memiliki isian yang sederhana, yaitu berupa lontong, mie kuning, tahu pong, dan taoge, lalu disiram dengan kuah panas.

Untuk pelengkapnya ditambah taburan bawang goreng dan remukan opak. Jika kamu belum tau apa itu opak, opak adalah kerupuk berbahan dasar nasi.

Jika kamu ingin memakannya kamu bisa mampir ke Warung Mie Kopyok Pak Dhuwur di Jalan Tanjung No 18A Semarang. Mie kopyok ini cocok banget dimakan ketika hujan.

3. Tumpang koyor

Makanan ini terdiri dari beberapa sayur rebus seperti daun pepaya, daun ketela, kacang panjang, tauoe, dan irisan daging pepaya muda.

Kemudian di atasnya disiram dengan sambel tumpang yang terbuat dari tempe semangit, tahu, dan krecek yang dikombinasikan dengan santan.

Biar makin nikmat kamu bisa menambahkan daging koyor dan memakannya pakai nasi hangat.

4. Aneka jajanan di Pasar Semawis

Rasanya kurang lengkap kalau ke Semarang tetapi tidak berkunjung ke Pasar Semawis kawasan Pecinan Semarang.

Pasalnya di sepanjang jalan pasar kamu akan menjumpai banyak penjual dari street food hingga makanan tradisional Semarang.

Ada beberapa makanan yang harus kamu coba seperti pisang plenet dan wedang tahu. Wedang ini berupa campuran tahu putih lembut yang disiram dengan kuah jahe.

Sedangkan pisang plenet adalah pisang yang di pencet sampai gepeng lalu dibakar dan disajikan dengan topping. Dua kuliner tersebut sangat cocok dinikmati berbarengan apalagi disantap pas hangat-hangatnya.

5. Mangut kepala manyung

Mangut kepala manyung merupakan olahan ikan asap yang dimasak bersama santan serta memiliki cita rasa yang gurih dan pedas.

Biasanya mangut kepala manyung dimakan pakai nasi hangat tapi juga bisa dimakan biasa tanpa nasi.

Jika kamu tertarik untuk memakannya kamu bisa mengunjungi Warung Kepala Manyung Bu Fat yang berada di Jalan Ariloka, Semarang Barat atau di Jalan Raya Sukun, Banyumanik.