Sipiso-piso, pesona wisata di Tanah Karo

Sipiso-piso, pesona wisata di Tanah Karo

Sipiso-piso, pesona wisata di Tanah Karo – Untuk melihat lebih dekat, siapkan tenaga. Karena ada ratusan anak tangga menuju dasar air terjun.

Air Terjun Sipiso-piso berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Tanah Karo, Sumatra Utara. Ingin tahu kenapa air terjun ini dinamakan demikian? Masyarakat setempat menamakannya Sipiso-piso karena air yang mengalir deras dari atas jurang yang curam itu dari kejauhan terlihat seperti pisau.

Nah, untuk sampai ke lokasi air terjun, wisatawan bisa menempuh perjalanan darat 2 jam antara Medan dan Kabanjahe. Ada juga Kabanjahe, ibu kota Kabupaten Tanah Karo, berada di selatan dataran tinggi Berastagi.

Wisatawan yang menggunakan angkutan umum bisa naik Bis Sinabung Jaya dengan tarif Rp25.000 dari Terminal Terpadu Amplas di Medan.

Sampai Kabanjahe, lanjutkan perjalanan menuju Desa Tongging – 24 kilometer ke utara, melewati jalur jalan menuju Danau Toba. Kondisi jalan menuju Air Terjun Sipiso-piso tergolong mulus, sehingga perjalanan darat itu memakan waktu 45 menit saja.

Tiba di Tongging, ada loket tiket menuju objek wisata Air Terjun Sipiso-Piso. Tiket masuknya sebesar Rp2.300 per orang. Dari situ, wisatawan yang ingin berjalan kaki menuju dasar air terjun bisa menyusur punggung bukit dan menuruni ratusan anak tangga. Ini merupakan jalur satu-satunya yang aman untuk wisatawan.

Sejauh perjalanan turun, wisatawan akan melewati perbukitan dan disuguhkan dengan pemandangan indah Tanah Karo dari sebuah gardu pandang di puncak bukit.

Wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan Danau Toba, danau vulkanik terbesar dunia yang menjadi ikon wisata Sumatra Utara.

Wisatawan yang kurang fit atau tidak sanggup turun ke dasar bisa melihat pesona Air Terjun Sipiso-piso dari pos pengamatan. Pos ini letaknya tak jauh dari area parkir objek wisata itu.

Merasa belum puas dan ingin bermalam? Ada banyak losmen, homestay, dan hotel bintang tinggi di Desa Tongging, Kota Kabanjahe, dan Berastagi. Tarif hotel bervariasi, sekitar mulai dari Rp150.000 sampai Rp1,5 juta per malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *