Destinasi Kuliner Makanan Khas Vanuatu yang Unik

6 Makanan Khas Vanuatu yang Unik, Rasanya Bikin Penasaran

Destinasi Kuliner Makanan Khas Vanuatu yang Unik

Destinasi Kuliner Makanan Khas Vanuatu yang Unik, – Vanuatu ramai dibicarakan karena menyinggung isu Papua di sidang PBB. Negara ini ternyata punya banyak makanan tradisional enak seperti tuluk hingga lap lap.

Vanuatu adalah negara di Samudra Pasifik yang masyarakatnya merupakan etnis Melanesia seperti orang Papua. Vanuatu memiliki luas 12 ribu km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 200 ribu orang.

Tiba-tiba saja Vanuatu ramai dibicarakan masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran juru bicaranya kerap mengusik Indonesia di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Mereka mengungkit masalah HAM di Papua.

Melansir http://ratutogel.com/, Setiap negara pasti memiliki beragam kuliner khas yang unik. Tak terkecuali Vanuatu.

Nama negara ini awalnya mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Vanuatu merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan.

Negara ini memiliki penduduk sekitar 298 ribu jiwa, dengan luas wilayah sekitar 12.199 kilometer persegi. Sama seperti Indonesia, Vanuatu juga memiliki beragam kuliner tradisional yang unik dan khas.

Terbaru, Perdana Menteri Republik Vanuatu Bob Loughman membicarakan isu pelanggaran HAM di Papua dalam sidang PBB. Kemudian diplomat perwakilan Indonesia, Silvany Austin Pasaribu memberikan jawaban menohok.

Laplap

Laplap merupakan salah satu kuliner khas Vanuatu. Makanan ini terbuat dari daging yang diolah bersama bahan lainnya seperti sayuran dan santan, kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang.

Laplap bentuknya mirip seperti pepes. Makanan ini biasa disajikan saat acara-acara besar di Vanuatu.

Tuluk

Tuluk merupakan makanan yang terbuat dari adonan singkong parut. Adonan diisi dengan daging babi suwir, daging cincang, atau kornet sapi, lalu dibungkus dengan daun pisang.

Keunikan dari tuluk adalah cara dan waktu masaknya yang cukup lama. Butuh waktu hingga 6 jam untuk memanggang tuluk di oven alami bawah tanah. Teksturnya renyah dan sedikit lembut.

Santo beef

Sama seperti negara lainnya, masyarakarat Vanuatu juga gemar menyantap olahan daging. Salah satu kuliner yang terbuat dari daging sapi adalah santo beef.

Santo beef memang mirip seperti steak pada umumnya. Namun, yang istimewa adalah daging sapinya yang menjadi bahan utama. Dagingnya diambil dari sapi-sapi yang diberi makan rumput Vanuatu dan kulit kelapa.

Daging yang digunakan untuk membuat santo beef dikenal begitu lembut dan tidak berlemak.

Kava

Kava merupakan sejenis minuman yang terbuat dari tanaman kava. Tanaman ini banyak tumbuh di Vanuatu dan wilayah Pasifik Selatan lainnya.

Minuman tradisional ini diketahui sudah ada sejak lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Biasanya disajikan untuk tujuan medis atau dalam upacara adat.

Konon rasa Kava mirip seperti rumput bercampur tanah. Setelah minum Kava, bibir dan lidah seseorang terkadang akan terasa mati rasa. Oleh karena itu, Kava biasanya disajikan bersama dengan potongan buah-buahan.