Kuliner Makanan Khas Masyarakat Salatiga Jawa Tengah

Kuliner Makanan Khas Masyarakat Salatiga Jawa Tengah

Kuliner Makanan Khas Masyarakat Salatiga Jawa Tengah, – Kota Salatiga, merupakan salah satu kota kecil di wilayah Jawa Tengah bagian timur.

Memiliki luas 56 kilometer persegi, dan jumlah warga 183 ribu jiwa, kota ini berlokasi 49 kilometer selatan Kota Semarang.

Seluruh wilayah Salatiga dibatasi oleh Kabupaten Semarang serta dikelilingi oleh pegunungan yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Ungaran, dan Gunung Telomoyo.

Hal ini juga membuat udara di kota Salatiga ini menjadi sejuk serta banyak diminati untuk wisata karena memiliki beragam wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan masih banyak objek wisata lainnya.

Melansir http://utowndc.com/, Berlibur ke luar kota rasanya kurang komplit jika belum mencicipi hidangan autentik setempat. Seperti ketika kamu menginjakkan kaki di Salatiga, Jawa Tengah. Berada di antara Surakarta dan Semarang, gak heran kalau kuliner yang menonjol di sana sekilas mirip dengan yang ada di dua kota tersebut.

Meskipun demikian, mayoritas makanan khas Salatiga didominasi dengan olahan daging merah, lho. Seperti daging sapi, kambing dan bebek. Enam di antaranya seperti menu-menu berikut ini.

Nasi rames empal

Saat berada di Salatiga, sempatkan untuk mengisi perut di siang hari dengan seporsi nasi rames empal yang legendaris. Memang lauk di nasi rames ini hampir sama dengan nasi rames pada umumnya. Yakni oseng tahu kacang panjang dan sambal. Bedanya, ada lauk empal yang jadi primadonanya.

Empal yang terbuat dari daging sapi ini digoreng hingga kering kemudian diberi taburan serundeng kelapa. Dijamin mulut gak rela berhenti makan deh.

Salah satu legendaris nasi rames empal di Salatiga adalah Nasi Rames Empal Kartoali, yang terletak di Jalan Tanjung, Salatiga, Jawa Tengah. Kamu bisa mengandalkan google map untuk memandumu sampai ke sana karena lokasinya agak terpencil.

Pecel keong

Puas berwisata kuliner serba daging, cicipi juga menu sehat yang satu ini, dong. Namanya pecel keong. Isian pecel ala Salatiga ini terdiri dari tauge, bayam, daun pepaya, pakis dan bunga turi. Disiram dengan sambal kacang dan jangan lupa pelengkapnya sate keong. Kamu bisa menikmati satu porsi pecel keong ini dengan nasi maupun lontong, tergantung selera masing-masing.

Salah satu penjual pecel keong yang terkenal di Salatiga adalah Rumah Makan Mbak Toen, yang terletak di Jalan Raya Salatiga-Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Gecok kambing

Mungkin beberapa dari kamu masih asing dengan menu yang satu ini. Namanya gecok kambing. Biasanya kamu mengenal olahan daging kambing seperti gulai, tongseng, sate atau tengkleng khas Solo. Di Salatiga ada pula menu berbahan daging kambing yang diberi nama gecok kambing. Uniknya, masakan ini menggunakan kelapa sangrai sebagai campuran bumbu pada kuahnya.

Jika kamu tertarik mencicipi kelezatan gecok kambing, bisa mampir ke Gecok Kambing Bu Pud, di Jalan Imam Bonjol, Kecandran, Sidomukti, Sraten 2, Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kota Salatiga, Jawa Tengah.